Minggu, 13 Mei 2012

HARI GINI, BELUM PUNYA PASSPORT ????

PROSES PEMBUATAN PASPOR

Posted on November 13, 2010, 2:27 pm, by Huzaimah Husin,  Batam.

Membuat paspor merupakan pengalaman tersendiri apalagi dilakukan sendiri tanpa melalui perantara calo atau disebut juga agen jasa pengurusan paspor yang marak terdapat di kantor imigrasi ataupun iklan di media massa. Kali ini saya ingin membagi pengalaman membuatkanpaspor anak saya yang pertama guna meluluskan keinginannya untuk melihat negeri sebelah yaitu Singapura.
Senin, jam pun belum menunjukkan pukul 07:00 di kantor imigrasi kelas I khusus Batam. Kantor terlihat jelas masih tutup tapi tidak di bagian pelayanan paspor. Disitu sudah saya temui antrian untuk mendapatkan nomor antri guna mendapatkan layanan permohonan paspor. Entah nomer antri berapa yang saya dapat karena kali ini yang antri bukan manusianya tetapi barang atau apa saja yang diletakkan berjajar urut kebelakang, antrian itu bisa berupa tas, helm, botol air mineral dan ada juga yang berupa map permohonan paspor.
Melewati jam 07:00 semakin banyak yang datang dan tentunya semakin banyak pula barang yang diletakkan sebagai klaim tempat mengantri. Dan akhirnya sekitar jam 07:45 petugas berpakaian preman -tapi ini saya yakin salah satu calo jasa pengurusan paspor- mengkoordinasikan antrian dimana setiap barang yg diantrikan sebelumnya harus digantikan oleh yang punya. Menunggu 15 menit menuju jam 08:00 merupakan hal yang tidak terasa lama karena proses klaim antri yang dilakukan pun tidak bisa dikatakan cepat.
Tepat pukul 08:00 rolling door konter pelayanan permohonan paspor akhirnya dibuka oleh petugas berseragam imigrasi, setelah petugas mengeluarkan pengumuman tata cara permohonan paspor dengan berbagai syaratnya dan akhirnya nomor antrian itu dibagikan, kali ini saya mendapatkan nomor 22.
Lalu apa saja persyaratan pembuatan paspor untuk anak dibawah 17 tahun?, berikut syaratnya yang saya dapatkan dari selebaran yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi kelas I khusus Batam.
1. Mengisi Formulir Permohonan Pembuatan Paspor
2. Melampirkan berkas asli dan fotocopy (FC)
– FC. Akte kelahiran anak
– FC. KTP orang tua (ibu dan bapak)
ket: FC. KTP disusun dengan memanjang kebawah
– FC. Kartu Keluarga
– FC. Akte Kelahiran dan atau Surat Tanda Tamat Belajar orang tua (Ibu dan bapak)
– FC. Surat Kawin (Akte Nikah) orang tua
– FC. paspororang tua yang masih berlaku
– Untuk Pemohon Penggantian paspor, lampirkan paspor lama
– Pasphoto pemohon 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak 2 lembar
3. Melampirkan Surat Pernyataan Tertulis dari Orang Tua dengan membubuhkan tanda tanga di atas materai Rp 6000,-
4. Semua berkas Asli akan dikembalikan setelah mengajukan berkas ke Loket Permohonan Pembuatan Pasport (Loket 1,2 dan 3)
Untuk syarat nomer 1, bisa didapatkan GRATIS di konter layanan informasi di kantor imigrasi. Sedangkan untuk syarat nomer 3, bisa didapatkan di koperasi imigrasi dengan membelinya seharga Rp 25.000,- dimana kita akan mendapatkan map warna krem dengan formulir pernyataan yang kita isi dengan biodata kita sendiri dan juga materai 2 Rp 6000,- 2 lembar.
Saran saya untuk fotocopy sebaiknya kita lakukan sebelumnya di lingkungan perumahan kita sendiri karena jika melakukan fotocopy berkas-berkas diatas di layanan koperasi yang ada di lingkungan imigrasi harganya menjadi tinggi. Jadi silakan fotopy saja terlebih dahulu semua berkasnya.
antrian bikin paspor di batamHanya saja jangan berharap pelayanan permohonan paspor akan segera terjadi setelah pengambilan nomor antri, untuk nomer antri 1 saja baru dilayani untuk pengechekan kelengkapan setelah jam mulai menunjuk angka 9. Apalagi saya yang mendapatkan nomer antrian 22. Tidak usah menggerutu atau ngomel-ngomel, karena percayalah di hari pertama ini merupakan proses yang paling cepat dan lumayan murni dibandingkan tahapan di hari berikutnya.
Nomer 22 antrian saya akhirnya terpanggil juga setelah jarum jam melewati angka 10. Tak ada pertanyaan yang berarti dan semuanya lancar saat dilakukan pengecheckan kelengkapan persyaratan permohonan paspor di konter layanan informasi yang merangkap sebagai tempat pre-checking document. Setelah lolos di konter layanan informasi akhirnya ke loket 1 untuk di cek kembali oleh petugas imigrasi yang sebenarnya. Harap diingat untuk pengecekan di layanan informasi dan loket 1 cukup fotocopy document saja sedangkan yang asli takperlu disertakan di map permohonan paspor.
Setelah di loket 1 selesai, akhirnya mendapatkan nomer antrian kembali. Kali ini nomer antrinya diawali dengan angka 1000 dan untuk saya kini mendapatkan giliran dengan nomer antri 1021. Tak perlu bergerombol di depan loket cukup menunggungan di bangku panjang yang disediakan oleh kantorimigrasi ini. Memang ada 4 AC besar yang dipasang di ruangan tunggu tersebut, hanya saja rasa panas tetapsaja menjalar ketubuh dan wal hasil berkeringatlah tubuh ini. Sepertinya ke 4 AC tidak cukup mampu menangani kesumpekan ruangan tunggu tersebut dengan banyaknya manusia yang melakukan proses permohonan paspor.
Tak berselang waktu lama akhirnya giliran saya dengan nomer antrian 1021 tiba. Loket 1 lah yang saya tuju.
Dan tanpa berlama-lama segera saya sodorkan semua dokumen yang ada di map dan juga berkas dokumen asli untuk verifikasi oleh petugas. Jika tak ada yg kurang atau salah, maka proses ini tak lebih 5 menit saja. Setelah itu petugas akan memberikan slip panggilan wawancara. Tertera di slip panggilan wawancara untuk dilakukan pada keesokan lusanya.
Di hari pertama ini banyak yang saya pelajari dan semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pengurusan permohinan paspor sendiri. Seperti;
- Datanglah sebelum jam 7 untuk mendapatkan antrian yg lebih awal
- Kelengkapan syarat permohonan diatas yang telah saya sebutkan harap dilengkapi berikut juga potokopinya.
- Jikalau memungkinkan membeli map hari sebelumnya karena loket koperasi utk pembelian map baru dibuka juga jam 8:00, tapi jika dibeli pada hari itu juga, pastikan kamu mendapatkan nomer antri 5 keatas guna mendapatkan kesempatan untuk mengisi formulir yang ada di pembelian map tersebut.
- tak perlu bergerombol di depan loket pelayanan, antrian akan dipanggil menggunakan pengeras suara.
- perhatikan orang di depan nomer antrian, karena bisa dijadikan referensi kapan giliran kamu dipanggil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar